Ketergantungan Beras dan Ketahanan Pangan

Ketergantungan Beras dan Ketahanan Pangan

 

Sumber: AGRINA, diolah/rdt

Beras memiliki nilai strategis dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Menyandang predikat sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia, beras menjelma menjadi komoditas yang syarat utama bagi masyarakat Indonesia dalam melakukan berbagai aktivitas. Kurang lebih 95 persen masyarakat Indonesia  mengkonsumsi beras yang mengartikan bahwa masyarakat Indonesia sangat tergantung dengan ketersediaan beras.

 

Sumber: Thomas Malthus dalam Essay on the Principles of Population, diolah/rdt

Ketersediaan beras di berbagai tempat yang menjadikannya sebagai makanan pokok merupakan problematika yang sudah diperkirakan sejak dahulu. Thomas Malthus (1798) member peringataan berkenaan dengan ketersediaan pangan. Malthus mengatakan bahwa jumlah manusia akan meningkat secara eksponensial, sedangkan usaha pertambahan persediaan pangan hanya dapat meningkat secara aritmatika, sehingga akan terjadi sebuah kondisi dimana dunia akan mengalami kekurangan pangan akibat pertambahan ketersediaan pangan yang tidak sebanding dengan pertambahan penduduk. Dengan demikian, dengan tingkat ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap ketersediaan beras tanpa diimbangi dengan peningkatan produktivitas beras, bukan tidak mungkin Indonesia akan mengalami defisit ketersediaan beras yang berujung kepada kelaparan.

 

World Food Program (WFP) menyatakan bahwa akibat melejitnya harga pangan dunia, sekitar 100 juta orang di tiap benua terancam kelaparan. Badan PBB ini menyebut krisis pangan tersebut sebagai ‘the silent tsunami, petaka yang melanda diam-diam.

About philosophiaofdikaiosune

Ganteng
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s